shinegreen

Contoh sistem mikroprosesor

In Bahasa Assembly on Maret 19, 2009 at 3:31 pm

Sebernernya yang mw gw bahas disini adalah soal mata kuliah mikroprosesor gw di ujian smester tiga kemaren. Langsung aja, soalnya kaya gini (maaf kalo ada jawaban gw yang salah tolong koreksi di kolom komentar):
Sebuah system mikroprosesor terdiri:
a. Mikroprosesor menggunakan Z80-CPU
b. Memori program terdiri dari:
EPROM 27128
EPROM 2764
EPROM 2732
c. Memori data terdiri dari:
SRAM 6116
SRAM 6132
SRAM 6164
d. dua port input yang beralamat diFFFEh dan FFFFh, masing-masing di hubungkan dengan 16 sakelar.
e. dua port keluaran yang beralamat 10h dan 30h, port OUT1 digunakan untuk meghidupkan 8 LED, dan port OUT2 digunakan untuk menggerakan sebuah seven segment commont cathode.
pertanyaannya:
Rancanglah system mikroprosesor tersebut dengan menggunakan metode non fully decoder.
Rancanga meliputi:
1. Pembuatan peta memori
2. Pembuatan peta I/O

3. Pembuatan daftar memori

4. Pembuatan daftar I/O

5. Pembuatan decoder memori
6. Pembuatan decoder I/O

7. Pembuatan skema keseluruhan
Dari soal diatas jawaban gw kurang lebih kaya gini:
1. pembutan peta memori
untuk peta memrori gw mulai dari kapsitas yang terbesar dulu
peta-memori
2. pembuatan peta I/O
peta-io
3. daftar tabel memori
tabel-memori
Keterangan: angka-angka binner yang gw kasih warna kuning, nandain kalo itu grup non fully decoder
4. Daftar tabel I/O
tabel-io1
Keterangan: angka-angka binner yang gw kasih warna kuning, nandain kalo itu grup non fully decoder
5. Dekode memori
dekoder-memori1
6. Dekoder I/O
dekoder-io11
7. Skema keseluruhan

skema-z8071skema-z807
Maaf skema gw bikin di kertas, gw males bikin di bikin di eagle, kebanyakan jalur jadi ribet. Sekalian itung-itung gw ngulang pelajaran yang telah lalu.
Sebenarnya sih ada dua soal. Soal yang kedua itu tentang menulis bahassa assemblynya, dan gw belum terlalu bisa, takut salah juga. Tar mungkin kapan-kapan gw bahas soal nomor dua (insyaAlloh). Tapi untuk kali ini segini dulu yang gw posting. Mudah-mudahan bermanaat.

untuk lebih jelasnya lagi lw bisa download disini

  1. gw juga puytng ma tugas microprosesor gw…

    suruh bkin listing program pake asembly :
    1. transfer data dr register ke register
    2. transfer data dr register le memory
    3. transfer data dr memory ke memory…

    bisa bantu g gw mesti ke situs apaan…????

    thanks bro…

  2. q belum tahu banget soal mikroprosesor abise baru aja belajar. Jadi asal ngikut aja. Tapi kayake bener juga.

  3. mas/mbak sy jg dpet soal yg mirip dg soal di atas..
    EPROM 2732 dan EPROM
    Sram 6132,6116,6164
    i/o 1 input 8 bit alamat 40h
    i/o 2 input 8 bit alamat 41h
    i/o 3 input 8 bit alamat 42h
    i/o 4 input 8 bit alamat 43h
    i/o 5 input 8 bit alamat 50h
    i/o 6 input 8 bit alamat 51h

    i/o1 dan 2 sbgai msukan 16 saklar,, i/o3 dan 4 mghidupkan 16 led, i/o 5 dan 6 mghidupkan 2 seven segmen…..

    bsa bntu ngrjakn ini gak,, ini suruh buat fully decoder,,,
    tolong ya>>>

    klo gak saya dikirimi gambar2 diatas tp yang agak jelas,, gmbary terlalu kecil ….

Tinggalkan Balasan

