shinegreen

Sedikit tips buat windows XP kita

In Aktivitasku on Maret 25, 2009 at 4:38 pm

 

Tips-tips ini adalah pengalaman saya ketika memakai windows xp, dan tentunya tips-tips ini saya dapat dari teman, searching internet, dan sedikit coba-coba, (try and error)

1.   Mematikan autorun

Kebanayakan sekarang virus nular melalui USB, terutama virus local. Salah satu solusi yang sering saya lakukan adalah mematikan autorun, (tapi hal ini tidak akan 100% computer kita bebas virus).

Mematikan autorun ada dua cara yang saya sering lakukan. Berikut langkah-langkahnya :

Melalaui Ragistry

1.      Buka Registry Editor, dengan cara klik Start Menu > Run dan ketik regedit dan klik OK

2.      Cari Lokasi :
KEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer

3.      Buat key baru ( Klik kanan > New > DWORD Value ) beri nama : NoDriveAutoRun

4.      Double klik untuk mengisi nilai ( data ). Pilih Base : Decimal dan isikan Value data dengan nilai 67108863

5.      Jika diperlukan, dapat juga menambahkan nilai yang sama di
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer

6.      Restart Komputer

Dengan penambahan setting ini, maka ketika kita memasang flashdisk, windows tidak akan otomatis menjalankan program autorun yang ada di flashdisk. Untuk lebih jelasnya, artikel ini dapat dicari/dibaca di tutorial Windows Registry Guides. download

Melalui Gpedit.msc

1.      Buka gpedit.msc editor, dengan cara: klik Start Menu > Run dan ketik gpedit.msc dan klik OK

2.      Cari lokasi:

Computer configuration\administrativ templates\system\turn off autoplay kemudian tekan enter atau klik dua kali

3.      Pada jendela setting klik enable, kemudian pada perintah “turn off autoplay on:” pilih all drive, kemudian trekan OK atau tekan enter.

4.      Masih di jendela gpedit.msc. Kemudian lakukan hal yang sama pada “user configuration”

2.   Untuk computer dengan spesifikasi yang pas-pasan

Karena computer yang saya punya spesifikasinya pas-pasan, saya sering melakukan sedikit modifikasi pada XP saya, diantaranya:

1.      Ketika mau install ulang computer, usahakan membuat partisi dengan perbandingan  dua kali lipat dari RAM, contoh partisi:

Partisi C diberi space 15 giga

Partisi D diberi space 1 giga (contoh untuk RAM 512 mega)

Sisa partisi yang lain terserah kita

2.      Setelah selesai install ulang,

Masuk windows explorer\klik kanan di My Computer\Advanced\Setting\karena saya memakai computer hanya unruk belajar dan tidak terlalu mementingkan tampilan, pada jendela “visual effect” saya pilih “adjust for  best performance”\ kemudian pindah ke jendela “Advanced”\pada kolom virtual memory, klik change\pada drive C klik “No Pagging File”\klik set\kemudian klik drive D(yang isinya 2 kali lipat dari RAM kita)\klik “System managed size”\klik set. Kemudian tekan OK atau enter terus sampai ada perintah restart, kemudian restart.

3.      Matian start up: start\run\mscofig\start up\disable all (kecuali antivirus atau start up yang sering saya gunakan)\enter atau OK\restart

4.      Matikan “turn off system restore on all drives” pada jendela “sytem properties”.

Untuk saat ini hanya itu tips yang sering saya terapkan di XP saya, InsyaAlloh nanti akan saya tambahkan tips yang sering saya lakukan. Semoga bermanfaat.

  1. mantap…
    gw bookmark ah, kadang kalo lupak

  2. klo buat Vista ada tidak?

    • kalo buat vista saya belum coba yo??? tapi kayanya bisa aja, secara kan sistem registrinya sama pasti gak beda jauh dari XP. untuk masalah virtual drivenya yang di bikin dipartisi terpisah dari C, insayAllah juga bisa.
      semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

