shinegreen

Edit grub di ubuntu

In linux4newbie on September 8, 2009 at 9:26 pm

bagi para pengguna linux pemula seperti saya, samapi saat ini saya masih menggunakan 2 sistem operasi (XP dan Ubuntu yang saya pakai), istilah seperti ini sering disebut dual boot. Ada dua jenis boot loader yang cukup dikenal di linux: LILO dan GRUB. Untuk ubunutu, ubuntu memakai default grub. Ketika kita telah selesai menginstal linux di komputer yang sebelumnya windows sudah di instal. Ketika booting maka akan muncul boot loader grub. Pada GRUB ini akan terlihat pilihan Operating System dari Linux maupun Windows. Ada 3 pilihan booting Linux dan1 pilihan booting MS Windows (pilihan-pilihan ini yang umum tapi bisa juga berbeda tergantung operating sistem yang ada di komputer yang bersangkutan). Menurut saya, pilihan-pilihan ini jadi kelihatan rumit dan berantakan, karena tulisannya panjang-panjang dan waktu yang siberikan untuk memilih Os yang akan kita pakai hanya 10 detik (kalau tidak salah).

Untuk menyederhanakan menu GRUB ini hanya menjadi 2 pilihan booting, 1 Ubuntu dan 1 Windows, tulisan pilihannya di sederhanakan (tidak terlalu panjang). Maka yang harus dilakukan adalah meng-edit file menu.lst yang ada di folder /boot/grub/menu.lst

langkahlangkahnyasebagai berikut:

1. booting ke ubuntu yang telah diinstal

2. klik – application – accesoris – terminal

3. Pada terminal ketik : sudo gedit /boot/grub/menu.lst

4. masukan passwort root kita

5. Setelah gedit membuka file menu.lst maka lakukan editing pada pilihan menu booting pada bagian bawah file menu.lst ini. Editing yang saya lakukan di PC saya: saya kasih tanda # di awal kalimat pada piliha-pilihan booting yang tidak dipakai, saya tidak memberi tanda # pada blok ubuntu generic dan blok windows. Pilihan booting yang lainnya say beri tanda #.

jangan lupa juga untuk mengedit waktunya, biasanay di menu tampilannya 10, saya menggantinya jadi 120 (artinya 120 detik).

6. Setelah selesai save, untuk melihat hasilnya silahkan restart

selesai, selamat mencoba semoga bermanfaat

  1. oce Kang,,ternyata bisa diutak-atik juga tu grub-nya…

    sekedar saran Nas,,kalo bisa dikasih ‘enter’ biar rapih..n klo bisa pake gambar…

    at least,,artikelnya bagus2…makasih sharing nya yo…

Tinggalkan Balasan

