shinegreen

Instal paket aplikasi tanpa repo

In linux4newbie on September 8, 2009 at 9:36 pm

seringkali kita punya paket aplikasi yang terpisah dari repo/ hasil download dari internet. Untuk mengistalnya, saya suka menggunakan terminal dengan langkah-langkahnya sebagai berikut:

misalkan saya ingin menginstal paket xampp-linux-1.4.7.tar.gz dan terletak di : /home/imo

untuk paket dengan ekstensi tar.gz

    1. klik applications – accessoris – terminal

    2. ketik: sudo bash

    3. masukan password root kita

    4. cd /home/imo

    5. ketik ls untu kmelihat direktori

    6. ketik: tar xvfz xampp-linux-1.4.7.tar.gz -C /opt

untuk paket dengan ekstensi .deb

pada langkah ke 6. ganti dengan mengetikan : dpkg -i xampp-linux-1.4.7.tar.gz

selesai, selamat mencoba semoga bermanfaat

  1. okeh,,gw udah pernah coba ne,,tapi pas gw buat project misalnya file bernama index.php di folder tempat project xammp,kenapa gak bisa di save?

    pas gw cari tahu, ternyata ada informasi kalo pas masuk ke file system ubuntu itu kita harus masuk sebagai super user. Nah pertanyaanya,,gemana cara biar masuk ke folder xammp dan buat project dengan sekali login sebagai super user di terminal????

    makasih…

Tinggalkan Balasan

