shinegreen

Tutorial Instal player/stage di ubuntu

In linux4newbie on September 8, 2009 at 9:42 pm

sebelumnya saya jelaskan sedikit (sekali) tentang player/stage. Player/stage adalah sebuah aplikasi opensource (tentunya) yang berjalan dilinux khususnya ubuntu yang bermanfaat untuk mensimulasikan sebuah robot sebelum robot nyata langsung terjun kelapangan. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang sedang mempersiapkan ikut KRCI. Dengan player/stage program robot yang kita buat sebelum kita masukan kerobot nyata dapat di tes/coba dahulu di player/stage. Ok tanpa panjang lebar membahas player/stagesaya akan sedikit jelaskan bagaimana saya menginstal player/stage di PC saya.

Yang perlu kita sipkan:

  1. PC/Laptop dengan linux didalamnya (ubuntu lebih diutamakan, buat teman-teman yang ubuntunya masih menggunakan wubi insyaAllh bisa)

  2. repositori, boleh dengan repo online atau dengan repo yang terkumpul dihardisk. Buat teman-teman repo online bisa didapat dari repo.ugm.ac.id

  3. sedikit otak-atik jika terjadi kesalahan

cara instal

  1. masuk ke System–> Administration–> Synaptic Package Manager

  2. saya mengansumsikan PC/Laptop teman-teman sudah terhubung ke repo

  3. pada ‘Synaptic Package Manager’ klik search. Kemudian ketik kata kunci robot player, setelah itu centang semua hal yang berhubungan dengan robot player. Setelah selesai kembali klik search dan ketik kata kunci stage, kemudian centang yang berhubungan dengan stage dan robot simulation.

  4. Setelah selesai klik ‘apply’ dan instal player stage selesai.

Tapi samapi saat ini saya punya masalah saya belum bisa membukaaplikasi track robot simulation. Mungkin ketika saya telah tahu solusinya InsyaAllh akan saya post solusinya.

  1. terimakasih a atas postingnya yang menarik…
    kenalkan sy Agus Suhanto

  2. Selain diubuntu playerstage, dapat diinstal dimana saja mas? http://blog.umy.ac.id/iswanto/;http://iswanto.staff.umy.ac.id/

    • baru di ubuntu yang saya tahu mas, mungkin di semua linux bisa? dengna beberapa penyesuaian. dan saya rasa mas Iswanto lebih banyak tahu dari pada saya🙂

Tinggalkan Balasan

